Selasa, 16 April 2013

Contoh Proposal Budidaya Jamur Tiram


PROPOSAL
BUDIDAYA JAMUR




Kelompok:
1.     Lha Lha Setiawan
2.     Joko Ariwibowo
3.     Harris Satrio Putra
4.     Yuli Astuti
5.     Vina
6.     Waryono

EL RADJA
Mangir Lor, sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta
Telp 0857696106873. Blog : www.El-Raja.blogspot.com
DAFTAR ISI


1.    Ringkasan Eksekutif
Sebuah usaha yang menjanjikan keberhasilan yang nyata salah satunya adalah usaha agrobisnis karena usaha agrobisnis memproduksi bahan pokok yang tidak bisa dibuat dalam industry manapun. Usaha agrobisnis inilah usaha yang paling realistis dan lebih permanen. Budidaya jamur merupakan salah satu alternative bagi banyak masyarakat baik skala kecil maupun skala besar  yang ingin berwirausaha di bidang agrobisnis.
“El Raja” adalah usaha bersama yang membudidayakan jamur tiram terletak di daerah Yogyakarta, tepatnya di Mangir Lor, Sendangsai, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Kami dalam membudidayakan jamur sangat menjaga dari berbagai sudut. Mulai dari pemilihan bibit, pengaturan suhu, dan pemilihan ruang yang baik.
Jamur yang telah dipanen akan kami sortir hingga mendapatkan jamur yang berkualitas. Sehingga para konsumen dijamin puas dan tidak mengecewakan dengan jamur yang kami tawarkan.
Selain menyediakan jamur mentah kami juga mengolah jamur tersebut menjadi makanan yang siap saji berupa “Crispye”. Makanan ini termasuk makanan ringan yang dijamin renyah, enak, gurih dan tentunya halal.
Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia.
Jamur tiram yang masih mentah akan kami pasarkan di Pasar- pasar tradisional dan di rumah makan yang tentunya menyediakan menu jamur. Sedangkan Crispye jamur akan kami pasarkan di warung lesehan dan toko market disekitar Yogyakarta.
Di sekitar Yogyakarta sendiri belum banyak yang membudidayakan jamur sehingga peluang untuk laku di pasaran masih ada. Pesaing kami yang sebenarnya adalah mereka yang sudah punya pelanggan tetap. Tetapi  kami optimis dengan pemasaran yang modern produk kami juga akan mudah menembus pasaran.
Jumlah modal yang kami butuhkan adalah 1.800.000 untuk pembelian bibit jamur, biaya sewa tempat dan pembelian peralatan.
Target keuntungan pertama sekitar 25%, sedangkan pembagian keuntungan usaha kami adalah 40%  investor, 20% tambah modal dan 40% untuk biaya gaji karyawan.
2.    Rencana Bisnis
a.     Konsep Bisnis
Kami akan membuka usaha dimulai dengan skala kecil, karena untuk menjadi sesuatu yang besar semuanya butuh proses. Pemilihan dan persiapan ruang untuk membudidayakan jamur kami kerjakan pertama kali. Sehingga ruang untuk budidaya jamur benar-benar steril. Setelah itu,  memilh bibit yang berkualitas sebanyak 500 bibit jamur. Perawatan kami lakukan dengan teliti dan menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk.
Saat panen tiba, jamur akan disortir dan dipilih berdasarkan kualitas dan kondisi jamur. Jamur panen pertama kali akan kami jual di pasar tradisional. Setelah panen yang berikutnya akan kami produksi menjadi Crispye jamur.
Berikut ini yang ditawarkan oleh EL RAJA:
Ø   Produk yang berkualitas
Perawatan saat masa pertumbuhan jamur dan jamur yang dipanen disortir sehingga menghasilkan jamur yang berkualitas.
Ø   Crispye jamur yang renyah dan enak
Pengolahan jamur dengan bumbu yang pas dan pengemasan yang dikemas dengan rapat sehingga jamur tetap renyah dan gurih.
Ø   Menyediakan kemasan crispy jamur tiram yang praktis sehingga bisa digunakan untuk oleh-oleh.

b.    Produk yang kami tawarkan
Produk yang kami tawarkan baru ada 2 yaitu jamur tiram mentah dan Crispye jamur.

c.      Harga
Untuk harga jamur mentah kami jual sesuai dengan harga yang dipasaran dengan standar Kg-an. Sedangkan “Crispye jamur” kami jual dengan harga Rp 5.000 per bungkus.

d.    Pemasaran
Dalam pemasaran, kami mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang kami jual, yaitu:
Ø  Memberikan harga yang lebih murah saat penjualan pertama kali.
Ø  Membuat selebaran dan iklan di media yang ada.
Ø  Memberikan sampel gratis agar pelanggan bisa merasakan produk yang ditawarkan

e.      Layanan Pelanggan
Sebelum terjun melayani pelanggan, kami akan belajar berbicara yang baik dan benar sehingga kata-kata yang kami keluarkan akan dipercaya oleh pelanggan. Dan tentu saja kami akan menyediakan produk yang benar-benar berkualitas.

f.      Kemasan Produk
Crispye jamur akan kami kemas menarik sehingga konsumen akan tertarik untuk mencoba dan membeli crispye jamur ini. Kemasan ini kami beri nama perusahaan yang tentunya beserta logo dari perusahaan. Sehingga produk kami akan dikenal luas dikalangan masyarakat.

g.     Identitas Kami
El Raja adalah nama perusahaan kami yang mempunyai arti kerajaan jamur. Dan nama itu adalah salah satu tujuan  kami, yaitu menjadi perusahaan yang besar seperti sebuah kerajaan. El Raja terletak di Mangir Lor, sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.
Perusahaan kami adalah perusahaan bersama yang berstatus usaha kelompok bersama yang bersifat home industri. Walaupun perusahaan kami berstatus usaha kelompok tapi kami mempunyai tujuan yang besar.



El Raja mempunyai visi dan misi  sebagai berikut:
Visi
Menjadi industri budidaya jamur tiram yang memenuhi kebutuhan jamur tiram dalam negeri khususnya daerah Yogyakarta sekitarnya.

Misi
Ø  Memperkenalkan jamur tiram secara luas kepada masyarakat melalui pendekatan kualitas (cita rasa, mutu dan kesegaran) dan pendekatan pelayanan konsumen.
Ø  Membuka pelatihan budidaya jamur tiram kepada masyarakat secara luas
Ø  Mensosialisasikan manfaat jamur tiram bagi kesehatan masyarakat sekitar Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

3.    PASAR DAN PELANGGAN
Kebutuhan jamur tiram yang saat ini semakin meningkat berbanding dengan produksi jamur yang masih rendah menjadikan prospek pasar terjamin. Karena saat ini masyarakat semakin sadar pentingnya mengkonsumsi jamur untuk tujuan kesehatan. Jamur saat ini dikonsumsi sebagai pengganti daging selain dari beralihnya pola makan masyarakat kepada bahan pangan organik

Target atau sasaran konsumen kami adalah :
Ø  Warung makan dan restoran. Saat ini banyak warung makan dan restoran yang menyediakan menu jamur.
Ø  Para Ibu rumah tangga, karena mereka menyukai hobi memasak tidak sekedar kewajiban saja.
Ø  Anak muda dan anak nongkrong. Mereka biasanya suka makan makanan ringan untuk teman nongkrong. Dalam hal ini produk yang kita buat yaitu crispy jamur tiram.
Ø  Semua kalangan masyarakat.

4.    PERSAINGAN
Pesaing dari perusahaan kami adalah perusahaan yang sudah mempunyai pelanggan tetap. Mereka itu sudah mempunyai nama, sehingga kepercayaan pelanggan meningkat. Dalam hal ini El Raja ingin manyamai perusahaan-perusahaan itu atau lebih unggul.

5.    MANAJEMEN
Struktur manajemen dibuat sederhana mungkin sehingga selama tahap industri rumah tangga, tiap pengurus memegang jabatan rangkap. Susunan manajement-nya adalah sebagai berikut :

A.       MANAJER                     Lha Lha Setiawan
Bertugas mengelola perusahaan secara umum.
B.       MARKETING               1. Harris Satrio Putra,
2. Waryono,
3. Vina Artin
Bertugas membuka pasar, melakukan negosiasi bisnis dan memastikan produk dipasarkan dengan baik dan sampai ke konsumen tanpa masalah.
C.       PRODUKSI                    Joko Ari Wibowo
Bertanggung jawab terhadap kelancaran produksi secara keseluruhan, melakukan pengembangan bibit, memastikan produk berada dalam kondisi baik.
D.       KEUANGAN                 Yuli Astuti
Keuangan bertugas melakukan analisis keuangan dan memiliki pertanggungjawaban penuh pada pengaturan arus pengembalian modal dan pembagian keuntungan pada investor.




6.    PROYEKSI KEUANGAN
A.   Modal Awal
Ø  Bibit jamur (500 x @Rp 2.000)                = Rp 1.000.000
Ø  Sewa tempat (1 tahun)                              = Rp    300.000
Ø  Peralatan                                                   = Rp    500.000
Total                                                         = Rp  1.800.000

B.   Pendapatan & Keuntungan
Prosentase keuntungan (kotor) per musim adalah 70%.
Sehingga pendapatan kotor= 1.800.000 x 70%= Rp 1.250.000

C.   Biaya
1.      Biaya gaji
Karyawan akan menerima gaji yaitu  40% dari pendapatan kotor (per musim).
Jadi gaji : 1.260.000 x 40% = Rp 500.000
2.      Biaya Produksi
Biaya produksi untuk pembuatan crispye jamur Rp. 250.000

D.   Kinerja Keuangan
Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut:
No
Uraian
Musim
I
II
III
1
Proyeksi keuntungan
500.000
600.000
700.000
2
Prosentase keuntungan dibanding penjualan
40%
45%
50%
3
Prosentase keuntungan dibanding modal
25%
30%
35%

7.    PENUTUP
            Demikian proposal ini kami buat, terimakasihkepadasemuapihak yang telahmembantumerealisasikanwirausahajamurtiramini. Semogakitaselalumendapatkemudahandari Allah SWT.














E

“El Raja”

1 komentar:

  1. mesti iki ide-ne bar ning sekaten ndelok usaha jamur crispy :D
    haha...

    BalasHapus